Monday, April 27, 2020

Cara Menanam Padi Cibogo


Rare Zasderaulogar - Ada begitu banyak jenis beras yang saat ini mulai berkembang menjadi varietas padi unggul, yaitu beras Cibogo.

Ini adalah jenis padi yang ditanam di irigasi, padi Cibogo menjadi dikenal masyarakat, terutama petani pada tahun 2003. Beras Cibogo itu sendiri disukai oleh petani karena beras diproduksi ketika itu adalah Dimasak memiliki tekstur nasi lebih lembut dengan kandungan amilosa 24%.

Selain itu, jenis padi Cibogo memiliki banyak keunggulan, terutama tanaman padi Cibogo yang sangat tahan terhadap hama belalang, khususnya biotipe 2 dan 3. Sedangkan untuk penyakit tanaman padi Cibogo, mereka juga tahan terhadap berbagai penyakit padi seperti strain bakteri daun IV, kehilangan dan ketahanan terhadap penyakit tungro.


Cara menanam beras Cibogo


Ada beberapa langkah yang perlu Anda pahami sebelumnya tentang cara menanam padi cibogokar, karena menanam padi cibogo tidak dapat dilakukan secara acak untuk menghasilkan panen yang sukses. Dan berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil jika Anda ingin berhasil menanam padi Cibogo.

Transformasi lahan tanaman padi Cibogo

Langkah pertama dalam menanam padi Cibogo adalah mengelola lahan terlebih dahulu sebagai berikut:


  1. Pertama-tama, Anda harus terlebih dahulu memperhatikan lahan penanaman padi Cibogo Anda. Bersihkan tanah dari gulma, tanaman, dan rumput yang dapat menghambat dan mengganggu pertumbuhan tanaman padi Cibogo Anda
  2. Kumpulkan semua rumput, gulma dan tanaman serta akar dan batang padi yang tersisa menjadi satu, lalu bakar menjadi abu.
  3. Retas, untuk menyederhanakan proses peretasan ini, pertama-tama Anda bisa melalui air untuk membuat tekstur tanah lebih halus dan lebih berlumpur. Bajak ladang Anda 3 kali untuk melembutkan tekstur tanah
  4. Setelah tanah lunak, banjir tanah dengan air hingga ketinggian 10 cm. Untuk menyesuaikan ketinggian air, Anda dapat membuka dan menutup saluran irigasi di ladang Anda.
  5. Biarkan sawah tergenang selama 14 hari untuk menetralisir air dari zat beracun seperti residu pupuk, residu pembakaran, serta kelebihan aluminium atau asam dalam tanah.
  6. Bibit padi Cibogo

Langkah selanjutnya dalam menanam padi Cibogo adalah menyiapkan benih padi unggul sebagai berikut:



  1. Persiapkan benih padi Cibogo Anda sebelumnya dan rendam selama 2 jam, setelah 2 jam tiriskan bijinya dan letakkan di atas kain lembab. Jika benih padi berkecambah lebih dari 90 item, benih dapat ditanam
  2. Setelah melakukan tes bibit yang layak, rendam benih lagi selama 2 hari untuk menumbuhkan akar padi dan mulai menyiapkan tanah bibit
  3. Siapkan tanah pembibitan seluas 500 m2 per hektar dalam kondisi air dan berikan pupuk urea dan TSP dalam perbandingan 1: 1. Sebarkan benih padi yang telah direndam selama 2 hari dalam media semai jadi seragam dan biarkan selama 15 hari.

Menanam benih padi Cibogo

Tanam benih padi cibogo jika benih memiliki karakteristik 2 hingga 3 tangkai berdaun

Untuk satu atau dua kali lipat, Anda dapat menanam 2 biji dalam 1 lubang tanam. Proses penanaman benih yang benar tidak kebanjiran dan pastikan kedalaman lubang tanam tidak melebihi 15 cm dengan akar padi membentuk L.

Ini adalah cara menanam padi Cibogo dengan cara yang sederhana dan lebih praktis, selain melakukan cara tanam yang benar, Anda juga harus merawat tanaman padi agar berhasil panen.

Perawatan Beras Cibogo



Menyiangi setiap 3 minggu sejak umur 3 minggu pada tanaman padi Cibogo
Pemupukan dilakukan secara bertahap hingga 3 kali, pada tahap pertama, dilakukan pemupukan ketika beras Cibogo berusia 15 hari.
Pemupukan fase 2 dilakukan ketika beras Cibogo berusia 30 hari dan pemupukan fase 3 dilakukan ketika beras Cibogo berusia 45 hari.
Mengontrol hama dan penyakit untuk hama yang dapat menyemprot pestisida tergantung pada dosisnya

Ini adalah perawatan tanaman padi Cibogo yang harus Anda lakukan, sebagai tips dan trik agar kualitas beras Anda tetap terjaga hingga waktu panen.

Kiat dan trik untuk menanam padi Cibogo


Agar panen Anda berhasil, Anda harus memperhatikan dosis pupuk yang harus diberikan pada tiga tahap pemupukan. Pertama, berikan pupuk urea dan TSP dengan laju 1: 5 per hektar.
Pada langkah kedua, Anda harus menyediakan pupuk jenis urea yang dikombinasikan dengan pupuk ponska 1: 2 per hektar. Pada langkah terakhir atau ketiga, gunakan pupuk urea dan pupuk Za dengan laju 1: 1 per hektar
Hindari membasmi ular padi sebagai cara pemberantasan kutu tikus secara alami sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir tentang tikus padi.

Ini adalah tahapan dalam budidaya padi Cibogo yang bisa kita lewati.

Beras Cibogo dapat dipanen pada umur 115 hingga 125 hari.


Anda dapat menggunakan metode tradisional saat panen, tetapi akan lebih mudah menggunakan mesin panen. Saya harap informasi di atas dapat membantu dan saya harap panen Anda berhasil. Cobalah

No comments:

Post a Comment